Wednesday 13 July 2016

Filled Under:

Mohon Rakyat Malaysia TOLONG tengok Sesiapa yang ada PENYAKIT Terbaru ini. Ini PENTING !. Sebarkan kepada rakan dan keluarga. Sesiapa yang senang MUNTAH Tolong jangan TENGOK Gambar bawah. Menakutkan, Menggelikan ! Jangan sampa ada saudara anda Terkena Penyakit ini. Ambil Kisah !




    Cacar merupakan penyakit infeksi menular yang sudah di kenal sejak berabad-abad sebelumnya. Penyakit ini dahulu terjadi hanya di daerah-daerah tertentu dan dapat menjadi endemi atau pandemi. 

    Pengertian

    Variola adalah penyakit infeksi virus yang di sertai dengan keadaan umum yang buruk, dapat menyebabkan kematian, efloresensinya bersifat monomorf terutama terdapat di daerah perifer tubuh. Nama lain dari penyakit ini adalah cacar atau small pox.

    Penyebaran penyakit ini termasuk kosmopolit akan tetapi pada daerah-daerah tertentu memberi insidens yang tinggi, misalnya di amerika tengah dan selatan, hindia barat, dan timur jauh. Dengan vaksinasi yang teratur dan terorganisasi dengan baik, maka insiden penyakit ini akan jauh menurun, sehingga di daerah yang sebelumnya terdapat endemi tidak di jumpai lagi kasus variola.

    Sejak tahun 1984 oleh WHO seluruh dunia telah di nyatakan bebas dari penyakit ini. Meskipun demikian kita juga harus waspada terhadap munculnya kembali penyakit ini.

    Penyebab

    Penyebab variola adalah virus poks (pox virus variolae). Dikenanal dua tipe virus yang hampir identik, menyebabkan 2 tipe variola yaitu variola mayor dan variola minor (alastrim). perbedaan kedua virus ini adalah pada virus variola mayor bila di iinokulasikan pada membran karioalantik tumbuh pada suhu 38-37,5 C. Sedangkan yang menyebabkan variola minor tumbuh di bawah suhu 38 C. Virus ini sangat setabil pada suhu ruangan, sehingga dapat hidup diluar tubuh selama berbulan-bulan. Penyebaran dan penularan virus ini terutama melaui udara.

    Gejala klinis

    Masa inkubasi dari virus ini adalah 2-3 minggu, dan memiliki 4 stadium gejala klinis :

    • Stadium inkubasi erupsi
    Terdapat nyeri kepala, nyeri tulang dan sendi di sertai dengan demam tinggi, menggigil, lemas, dan muntah-muntah, yang berlangsung selama 3-4 hari.
    • stadium makulo papular
    Timbul tanda-tanda kemerahan yang dengan cepat menjadi tonjolan-tonjolan kecil terutama di daerah muka dan anggota gerak. pada stadium ini penderita merasa sehat kembali dan tidak timbul lesi baru.
    • Stadium vesikulo-pustulosa
    Dalam waktu 5-10 tonjolan kecil di kulit akan berubah menjadi vesikel-vesikel yang kemudian akan berubah menjadi pustul-pustul dan kemudian suhu tubuh akan meningkat lagi.
    • Stadium resolusi
    Stadium ini berlangsung dalam waktu dua minggu, timbul krusta-krusta dan suhu tubuh mulai menurun. kemudian krusta-krusta.

    Variola minor (alastrim)

    Masa inkubasinya lebih singkat dan gejala podmoral terlihat lebih ringan. Sedangkan jumlah lesi yang timbul tidak banyak. Mortalitas kurang dari 1%.

    Variolid

    Bentuk ini timbul pada individu yang sudah mendapatkan vaksinasi sehingga didapati imunitas parsial, walaupun mendapatkan serangan virus yang cukup virulen.

    Pengobatan

    Pada penderita variola wajib di lakukan karantina, hal ini untuk mencegah penularan lebih lanjut, di karenakan sifat virus yang mudah menular melalui udara. pengobatanya antara lain :

    Sistemik
    1. Dapat di berikan obat anti viral seperti ; Asiklovir atau valasiklovir
    2. Isoprinosin dan Interferon
    3. Globulin Gamma
    Topikal

    • Jika di daerah mulut masih terdapat lesi dapat di berikan makanan yang lunak serta obat misalnya kompres dengan antiseptik atau salap antibiotik.




    0 comments:

    Post a Comment